Bimbingan Teknis Inklusif bagi seluruh warga UPT SDN Wirogunan

UPT SDN Wirogunan Kota Pasuruan
0




UPT SDN WIROGUNAN telah berkomitmen menjadi sekolah inklusi sejak 2017. Alhamdulillah di tahun 2023 ini, kami mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, berupa Bantuan Operasional Sekolah Inklusif tahun 2023. Bantuan ini kami manfaatkan untuk terus melakukan pengembangan diri, sehingga guru dapat memahami karakteristik dan kebutuhan Peserta Didik Penyandang Disabilitas (PDPD). 

Kegiatan inklusif meliputi:
1. Asesmen peserta didik penyandang disabilitas, yang dilaksanakan pada tanggal 29 November 2023 di ruang serba guna UPT SDN Wirogunan. Kegiatan ini diikuti oleh 16 PDPD UPT SDN Wirogunan
2. Bimbingan Teknis "Penyusunan Bahan Ajar Bagi Peserta Didik Penyandang Disabilitas" diselenggarakan pada tanggal 1 Desember 2023 di Rumah Makan Kurnia Kota Pasuruan. 
3. Bimbingan Teknis "Profil Belajar Siswa" diselenggarakan pada tanggal 2 Desember 2023 di Rumah Makan Kurnia Kota Pasuruan. 

Bimtek hari pertama dibuka oleh Ibu Winda Silvi Hidayati, S.Kom., selaku Kasi Dikdas SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan. 
Dilanjutkan dengan materi pertama oleh Ibu Hamidah, M.Pd dengan materi "Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di Kota Pasuruan". 

Materi kedua pada Bimtek hari pertama oleh Ibu Iva Evry Robiansyah, S.Si, M.Pd. dengan materi "Penyusunan Bahan Ajar Bagi Peserta Didik Penyandang Disabilitas di Sekolah Inklusi". 

Kegiatan bimtek di hari pertama berjalan dengan lancar. Guru-guru UPT SDN Wirogunan mendapatkan ilmu menyusun profil belajar siswa dan menyusun bahan ajar bagi peserta didik. 

Hari kedua bimtek lebih spesial lagi karena dihadiri oleh Pengawas TK/SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Tenaga pendidik serta tenaga kependidikan UPT SDN Wirogunan, Ketua, Sekretaris dan Bendahara Komite UPT SDN Wirogunan, dan Walimurid PDPD UPT SDN Wirogunan. 



Materi pertama pada Bimtek hari kedua oleh Bapak Muhammad Nurul Ashar, S.Pd. M.Ed. dengan materi "Identifikasi dan asesmen peserta didik penyandang disabilitas dan pengisian profil belajar siswa" 

Selain itu ada pengarahan dari Pengawas TK/SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Ibu Hj. Nanik Pujiati, M.Pd. 

Materi terakhir pada kesempatan ini oleh Bapak Doni Mustofa, M. Psi. dengan materi "Melejit Potensi Peserta Didik Penyandang Disabilitas" sekaligus ditutup dengan konsultasi. 

Dokumentasi kegiatan bisa dilihat di laman resmi UPT SDN Wirogunan, klik di sini : 

Dampak yang diharapkan melalui bimbingan teknis ini, guru mendapat pemahaman tentang konsep keberagaman peserta didik, jenis hambatan dan kebutuhan pelayanan pembelajaran peserta didik penyandang disabilitas, sehingga guru dapat memahami potensi peserta didik dan cara mengembangkan potensi tersebut. 

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)